Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Hubungan Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Angka Kejadian Hipertensi di Puskesmas Ngargoyoso

Hernandian R. Usodo, Hubertus Corrigan, I Made Elian P, Ilham Wahyu, Kisendia K. Kristyaputri, Danus Hermawan, Akhirudin Syam, Ita Kusumawati

Abstract


Pendahuluan:. Hipertensi merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya gangguan kardiovaskular. Hipertensi adalah gangguan kesehatan dimana terdapat tekanan berlebihan terhadap dinding pembuluh darah yang bersifat konsisten. Tekanan darah sistolik dan diastolik memiliki korelasi positif terhadap usia dan jenis kelamin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara usia dan jenis kelamin terhadap angka kejadian hipertensi di Puskesmas Ngargoyoso.

Metode: Metode yang kami gunakan adalah observasi dan pengambilan data sekunder di Pusekesmas Ngargoyoso. Jenis penelitian yang kami lakukan adalah deskriptif observasional. Variabel yang digunakan di penelitian ini meliputi usia, jenis kelamin, hipertensi primer, dan hipertensi sekunder.

Hasil: Didapatkan hasil data sekunder berisi klasifikasi kelompok usia dan jenis kelamin dengan hipertensi primer dan hipertensi sekunder di Puskesmas Ngargoyoso.

Kesimpulan: Kejadian hipertensi masih sering terjadi di Kecamatan Ngargoyoso. Terdapat hubungan antara usia dan jenis kelamin terhadap angka kejadian hipertensi. Perlu dilakukan pengawasan dan penyuluhan lebih dalam terkait keadaan tersebut.

Kata Kunci: Hypertension, Prevalence, Age, Sex, Ngargoyoso

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.