Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Pengaruh Pengetahuan Keluarga Tentang Tuberkulosikks terhadap Penemuan Dini Tuberkulosis di Kecamatan Jaten

Gunawan Wibisono, Fajar Taufik Nurseha, Firmansyah ., Ghazi Wira Samahita, Nabila Putri Maharani, Maryani ., Agus Supatdyatmo, Iwan Christiawan

Abstract


Pendahuluan : Tuberkulosis (TB) adalah suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang berbagai organ, terutama paru-paru. Penyakit ini bila tidak diobati atau pengobatannya tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi berbahaya hingga kematian.Penemuan tersangka kasus tuberkulosis adalah salah satu indikator evaluasi upaya menanggulangi tuberkulosis paru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keluarga tentang TB terhadap penemuan dini TB di wilayah kecamatan Jaten dan Puskesmas Jaten II dan sekitarnya.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observatif. Responden penelitian adalah anggota keluarga penderita TB atau penderita TB kecamatan Jaten Puskesmas Jaten II. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan kuesioner pengetahuan mengenai TB dengan konsekutif sampling.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan memiliki pengetahuan baik (58%) dan Kurang (42%) mengenai TB dan hasil deteksi penemuan TB didapatkan mayoritas BTA >+1 (Terlambat).

Kesimpulan : Dari data dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang TB tidak berhubungan positif dengan keberhasilan penemuan dini kasus TB. Disarankan perlunya melakukan pendekatan edukatif dan psikologi pada masyarakat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam membantu penemuan kasus TB secara aktif dan melakukan upaya menghilangkan stigma TB pada masyarakat. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat untuk mengetahui distribusi tiap variabel yang diteliti dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square dengan ? = 0,05. Didapatkan hasil p value = 0,214. Hasil menunjukkan tidak ditemukannya Pengaruh yang signifikan dari Pengetahuan Keluarga Tentang Tuberkulosis terhadap Penemuan Dini Tuberkulosis di Kecamatan Jaten.

Kata Kunci : Early TB Detection,TB knowlodge, family members

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.