Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Karakteristik Usia, Jenis Kelamin, Tipe Diagnosis, dan Hasil Pengobatan Tuberculosis Paru Lansia Di Puskesmas Sibela

Andre Christiawan S, Frizka Aprilia, Marcell Claudio, Yuyun Suci M, Sumardiyono ., Anjang Kusuma Netra

Abstract


Latar belakang : Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang masih menjadi masalah utama kesehatan secara global di dunia dan menyebabkan tingkat morbiditas pada jutaan orang setiap tahunnya. Saat ini, diperhitungkan 3.800 pasien TB meninggal setiap hari atau 2-3 pasien meninggal setiap menit karena TBC ini (WHO, 2013). Menurut Rahmatullah (1994) dalam buku Nugroho (2007) tuberkulosis pada lanjut usia ternyata masih cukup tinggi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang kasus TB pada lansia. Melalui penelitian ini, diharapkan akan diketahui karakteristik usia, jenis kelamin, tipe diagnosis, dan hasil pengobatan penderita tuberculosis paru pada lansia di wilayah Puskesmas Sibela Kota Surakarta.

Metodologi : Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian observasional deskriptif non-eksperimental. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 05 April 2018 di Puskesmas Sibela. Didapatkan data dari setiap pasien tuberculosis, termasuk usia, jenis kelamin, tipe diagnosis, dan hasil pengobatan dari setiap warga yang menderita tuberculosis paru. Sekitar 26 pasien terinfeksi tuberculosis paru dengan 11 pasien adalah lansia.

Hasil : Pada penelitian ini terdapat 11 subject penelitian lansia yang menderita TB paru. Proporsi pasien lansia laki-laki (81,82%) lebih banyak dari pasien perempuan (18,18%). Kelompok usia dengan pasien terbanyak adalah kelompok usia pertengahan (middle age) 45-59 tahun (45,46%). Pasien dengan tipe diagnosis terkonfirmasi bakteriologis lebih banyak dibandingkan dengan pasien terdiagnosis klinis. Hasil pengobatan tertinggi adalah pasien dinyatakan sembuh (54,55%), terdapat pasien yang dinyatakan pengobatan lengkap dan pindah berobat. Tidak ada pasien putus berobat maupun pasien meninggal.

Kesimpulan : Proporsi tertinggi penderita TB pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Sibela adalah jenis kelamin laki-laki kelompok usia 45-59 tahun, tipe diagnosis terkonfirmasi bakteriologis, dan hasil pengobatan dinyatakan sembuh.

Kata kunci: Lung Tuberculosis, Geriatrics, Diagnosis type, Treatment outcome

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.