Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Masyarakat dengan Angka Jentik-Jentik di Kecamatan Kebakkramat


Abstract


Pendahuluan: Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang tergolong Arthropod-Borne Virus, genus Flavivirus,dan famili Flaviviridae. DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, terutama Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran hubungan antara jentik jentik nyamuk dengan kejadian DBD di Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode cross-sectional dengan populasi dalam penelitian ini adalah semua perwakilan dari anggota keluarga penderita DBD kecamatan Kebakkramat. Cara pengambilan sampel dengan cara Simple Random Sampling. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat untuk mengetahui distribusi tiap variabel yang diteliti dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square dengan ? = 0,05.

Hasil: Didapatkan hasil p value kurang dari 0,05. Hasil menunjukkan ditemukannya hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan masyarakat dengan angka jentik di kecamatan kebakkramat.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan dari tingkat pengetahuan masing-masing warga dengan angka jentik kecamatan Kebakkramat.

Kata Kunci: Dengue Hemorrhagic Fever, mosquito larvae, family members

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.