Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Hubungan Antara Jentik Nyamuk dengan Angka Kejadian DBD di Kecamatan Cepogo

Achmad Faisol Mubaroh, Adnan Himawan, Agung Ryan Bayu Saputra, Ahmad Zulfikar Murad, Amanda Rizka Putri, Sutartinah ., Noor Alifah Yunita

Abstract


Pendahuluan: Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang tergolong Arthropod-Borne Virus, genus Flavivirus,dan famili Flaviviridae. DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, terutama Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran hubungan antara jentik jentik nyamuk dengan kejadian DBD di Kecamatan Cepogo, Boyolali.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode cross-sectional dengan populasi dalam penelitian ini adalah semua perwakilan dari anggota keluarga kecamatan cepogo. Cara pengambilan sampel dengan cara Simple Random Sampling. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat untuk mengetahui distribusi tiap variabel yang diteliti dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square dengan ? = 0,05.

Hasil: Didapatkan hasil p value = 0,281. Hasil menunjukkan tidak ditemukannya pengaruh yang signifikan dari jentik jentik nyamuk dengan kejadian DBD di Kecamatan Cepogo.

Kesimpulan: Tidak ditemukannya pengaruh yang signifikan dari jentik jentik nyamuk dengan kejadian DBD di Kecamatan Cepogo. Penelitian selanjutnya sebaiknya mengambil lebih banyak sampel, menggunakan metode quisioner untuk memperoleh informasi lebih banyak, dan memperpanjang waktu penelitian agar hasil di dapat mencermikan keadaan di populasi dengan lebih akurat.

Kata Kunci: Dengue Hemorrhagic Fever, mosquito larvae, family members

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.