Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Hubungan Antara Jenis Kontrasepsi dengan Kejadian Hipertensi di Kecamatan Miri Kabupaten Sragen

Alyssa Vania Hanifah, Fatin Yurin Azimah, Galih Kenya Pinanti, Isnindri Annisa Kusumadewi, Nadia Eastherina Nurtanto, Sinu Andhi Jusup, Enny Suramto, Joko Hariyono

Abstract


Pendahuluan: Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang banyak ditemukan di masyarakat. Di Kecamatan Miri, Sragen, hipertensi merupakan masalah penyakit terbanyak keempat. Kontrasepsi hormonal merupakan salah satu faktor risiko dari hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran hubungan antara jenis kontrasepsi dengan kejadian hipertensi di Kecamatan Miri, Sragen.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode cross-sectional dengan teknik sampling purposive sampling dan kuesioner sebagai instrument penelitian. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat untuk mengetahui distribusi tiap variabel yang diteliti dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square dengan ? = 0,05 serta Odds Ratio untuk mengetahui hubungan variabel bebas dan variabel terikat.

Hasil: Didapatkan hasil p value = 0,6003 dan OR = 0,892.

Kesimpulan: Tidak ditemukannya pengaruh yang signifikan dari penggunaan kontrasepsi hormonal terhadap kejadian hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Miri, Sragen.

Kata Kunci: hypertension, contraception, women in reproductive age

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.