Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Aplikasi Usaha Promosi dan Preventif Hipertensi pada Populasi Masyarakat Usia Lanjut

Adji Danarto, Rafael Bagus Y, Alfin Rizki R, Aisyah Nooratisya, Erinda Kusuma W, Auliya Bintan N

Abstract


Latar Belakang: Proses menua merupakan proses yang alamiah dimana terjadi berbagai perubahan pada seluruh sistem tubuh lansia, termasuk sistem kardiovaskuler yang biasanya diikuti oleh penyakit utama yakni hipertensi. Hipertensi saat ini merupakan faktor risiko morbiditas dan mortalitas untuk lansia. Data Riskesdas 2013 menyebutkan bahwa prevalensi hipertensi di Indonesia berkisar 25,8% dengan insiden penyakit lebih banyak terjadi pada perempuan (28,8%) dan pada golongan lanjut usia. Diharapkan dengan mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan hipertensi, dapat meningkatkan pencegahan hipertensi sedini mungkin dan meningkatkan produktifitas pada lansia.

Metode Penelitian: Review ini meringkas dari beberapa literatur Hipertensi pada Lansida yang di publikasikan dari tahun 2010 hingga tahun 2018 dengan kata kunci promotif, preventif, hipertensi, lansia. Kemudian dari 7 Jurnal yang diperoleh penulis mengidentifikasi berdasarkan abstrak yang berhubungan dan melakukan review pada jurnal yang terpilih.

Hasil Penelitian: Intervensi promotif dan preventif sangat penting untuk mencegah perburukan pada pasien lansia yang hipertensi dan diharapkan dapat meningkatkan produktifitas pada lansia. Intervensi promotive dan preventif yang dimaksud yaitu melalui edukasi kesehatan dan konseling.

Kesimpulan: Bentuk bentuk usaha kesehatan masyarakat yang dapat dilakukan adalah melaksanakan penyuluhan mengenai hipertensi, kontrol rutin penderita hipertensi konseling dokter dengan penderita hipertensi, meningkatkan kunjungan rutin dari pasien, meningkatkan efektifitas dari promosi ketaatan dan manajemen diri dari penderita hipertensi.

Kata Kunci: promotive, preventive, hypertension, elderly

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.