Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Gambaran Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tingkat Rumah Tangga di Wilayah Kerja Puskesmas Karesidenan Surakarta

Anjang Kusuma Netra, Aji Danarko, Gita Santhika Putri D, Laila Putri Nurafsyah, Helena Christina Yolanda, Gustitiara An Nisaa, Maria Angela Sasono, Ghina Harisa A, Joshua Jota Romadhona, Kiara Hanna Quinncilla, Safrilia Syifa DA, Han Yang, Deonesya Maria R.S, Fathu Thaariq Baihaqy, Muhammad Irsa Madjid, Azzahra Khoirunnisa, Habiba Nur Laili, Fauziyyah Boenyamin, Muh Zaki Wisnumurti, Muhammad Afif Murad, Monica Bella E, Rizkika Albanjar S

Abstract


Pendahuluan: Program PHBS di Rumah Tangga adalah suatu upaya untuk memberdayakan anggota di taraf rumah tangga agar tahu, berkenan dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat dan berperan aktif dalam pergerakanpergerakan kesehatan di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat tingat rumah tangga di empat wilayah kerja puskesmas di Karesidenan Surakarta.

Metode: Data diperoleh dari data primer empat puskesmas di Karesidenan Surakarta, di antaranya Puskesmas Jumantono, Puskesmas Banyuanyar, Puskesmas Jaten I, dan Puskesmas Sibela. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.

Hasil: Dalam penelitian ini puskesmas Banyunayar dan Jaten I belum mencapai target perilaku hidup bersih dan sehat di tingkat rumah tangga. Ketidak tercapaian ini diduga berdampak pada kejadian diare pada balita. Data yang didapatkan hanya berupa persentase temuan kejadian diare pada balita. Data yang dimiliki masih kurang dapat memenuhi dan melengkapi penelitian ini. Diharapkan Pihak Puskesmas Banyuanyar dan Jaten I membuat inovasi dan program demi terlaksana perilaku hidup bersih dan sehat di tingkat rumah tangga.
Kesimpulan: Dalam penelitian ini puskesmas Banyunayar dan Jaten I belum mencapai target perilaku hidup bersih dan sehat di tingkat rumah tangga. Hal ini juga diduga berdampak pada persentase temuan kasus diare pada balita di empat puskesmas yang tidak mencapai target.
Kata Kunci: PHBS, rumah tangga


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.