Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

Sistem Surveilans Faktor-Faktor Penyebab Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Kecamatan Tasikmadu Tahun 2018

Ulya Amalia, Tian Wahyu Kinasih, Utiya Nabila Maulani, Vita Yuniar Saraswati, Wida Wahyu Puspitaningrum, Ibnu Ridhwan, Veronika Ika Budiastuti

Abstract


Pendahuluan: Berat badan lahir rendah merupakan prediktor tertinggi angka kematian bayi dan masih menjadi masalah pada negara berkembang. Untuk memantau efektivitas pelayanan kesehatan, diperlukan surveilans untuk dapat menyediakan data dan menganalisis faktor resiko yang menyebabkan BBLR di Kecamatan Tasikmadu.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan teknik survei. Penelitian mengumpulkan data tentang ibu yang melahirkan bayi dengan BBLR di Kecamatan Tasikmadu pada tahun 2018. Data dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi.

Hasil: Berdasarkan hasil data lapangan, dari 38 bayi dengan BBLR di kecamatan Tasikmadu, 18 bayi (47%) yang memiliki data tidak lengkap dan 20 orang bayi (53%) memiliki data lengkap. Kelengkapan data yang didapatkan dari Puskesmas sebesar 33% dan 67% didapatkan di bidan wilayah.

Kesimpulan: Sistem surveilans bayi BBLR di Kecamatan Tasikmadu masih belum baik. Perbaikan diperlukan dalam pemusatan data agar faktor-faktor penyebab bayi BBLR dapat diketahui melalui data tersebut.

Kata Kunci: Surveillance system; Low-weight birth

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.